Berisi Trik Service Elektronika Seperti : TV, Kulkas, Mesin Cuci, Blender, Setrika, Mixer, Handphone, dll

MENU

Selasa, 23 April 2013

MESIN CUCI PENGERINGNYA TIDAK MAU BERPUTAR

Kemarin dapat panggilan service mesin cuci, dengan kondisi spin motor pada bagian Pengering tidak mau berputar.
setelah melakukan pengecekan di sekitr bagian pengering... dengan melakukan pengukuran-pengukuran menggunakan Multitester mulai dilihat secara fisik dari Switch sampai pengecekan Kabel-kabel Kondisi Normal semua.
terakhir pengukuran pada bagian spin Motor, ternyata setelah melakuka pengukuran menggunakan Multitester Skala OHM Meter pada bagian kabel merah dan biru arum tidak bergerak sama sekali. sudah dipastikan Spin Motor bermasalah.
Akhirnya terjadi kesepakatan dengan Konsumen agar minta diganti saja Spin Motor tersebut....
Akhirnya saya belanja Spin Motor yang kualitas bagus. Untuk harga di Daerah Pagarsih Bandung harganya Rp.130.000 ,-. untuk yang kulitas biasa harganya Rp. 100.000..
demi kepuasan Konsumen saya beliin aja yang kualitas bagus....
akhirnya saya pasang lah. Spin motor tersebut .akhirnya jalanlah mesin cuci tersebut.
pada saat pembayaran Konsumen.... ternyata pembayaran ditunda....... (BT Deh..... udah diusahain pelayanan sebaik mungkin.... konsumen teu gableg duit)...
ini spin motor yang saya maksud:


Lakukan pengukuran menggunakan multitester (Ohm Meter)

Lakukan Pengukuran menggunakan Multitester (Ohm Meter)

31 komentar:

  1. Gan, bgm cara pasangnya (step by step), sy mau coba mesin cuci di rumah masalahnya sama? Tks banyak.
    #adi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada mesin spin motor terdapat 3 bagian kabel... biasanya udah tertera pada plat motornya (satu kabel langsung ke kabel AC/Stopkontank) yang dua kabel ke Kapasitor.
      Saat buka motor spin yang lama (usahakan dicatat jalur kabelnya/dipoto) supaya tidak susah lagi mencari jalur.
      terima kasih...

      Hapus
  2. gan, mesin cuci ane gak bisa ngespin tapi cuma handuk doang, yang lain bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin putaran Motornya udah lemah...gan... diganti aja...motornya...thanks kunjungannya..

      Hapus
  3. cara membedakan sumber kerusakan pada pengering, apakah yang rusak itu motor spin nya atau kapasitor nya, bagaimana Gan? Thnks

    BalasHapus
  4. Lepas KAbel Capasitor dari rangkaian. Ukur capasitor menggunakan ohm meter (Pada Skala 10X) .PEngukuran bisa dibulak balik. Bila Jarum Bergerak terus Kembali ke 0 berarti Capasitor masih bagus.
    Untuk mengukur Motor Spin , secara kasarnya bila ketiga kabel diukur pada skala Ohm Meter. jarum akan bergerak mendekati 0... atau jika dilihat dari perputarannya motor lemah....thanks kunjungannya

    BalasHapus
  5. gan mesin cuci ane mrek sharp.. Putaran motor pengeringnya gak normal, begitu star kenceng kmudian melambat.. Kenceng lgi melambat lgi trus mati dan ada bunyi mendengung diantara putaran melambat ke putaran keceng... Prtanyaanya ganti motor baru ap kapasitornya? Ctatan: satu bulan sebelum kondisi seprti di atas, ada arus loncatan setrum mengenai tangan ketika proses memasukan pakaian ke tabung pengering....

    BalasHapus
  6. Untuk memastikan, Coba di cek diluar mesin cuci gan... Pake Kapasitor Baru...caranya:
    , Ada tiga kabel pada Motor, Yang satu langsung ke Jala-jala Listrik / Stop Kontak (220 V AC) yang dua kabel ke Capasitor ,dan dari capasitor salah satu masuk Ke Jala2 Listrik. (Biasanya Tertera pada Bodi Motor, jalur kabelnya....
    Kalo dilihat dari kasus agan ... kayaknya motor harus diganti.... Fungsi Capasitor hanya buat menghemat anjlogan listrik supaya tidak terlalu melonjak saat motor berputar. (Koreksi kalo salah...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh gan.. Nayanya nawbah gan... Jika beli motor baru, kan ada tiga kabel cara mengetahui kabel mana ya ke Jala-jala Listrik / Stop Kontak (220 V AC) dan mana yang dua kabel ke Capasitor...???

      Hapus
  7. bisa dilihat di body motor, atau bisa ditanyakan ke Penjual sekalian di test ditempat. (Jangan Lupa bawa Contoh motornya, supaya dudukannya sama).
    Saat mencabut motor dari mesin cuci diingat2 jalur kabel yang dilepas (kalo saya biasanya di photo pake HP)... supaya saat pemasangan motor baru tidak usah ngurut-ngurut lagi ke bagian dalam mesin cuci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh gan pencerahanya... Tapi udah 2 hari muter2 di sekitaran tempat ane tinggal motor pengring lgi kosong, kata pnjaga toko gara2 banjir di jakarta suplay ke toko2 d daerah ane ke ganggu...

      Ajaibnya.. Stelah istri ane uring2an gara2 pakean numpuk... Pas ane coba2 hidupkan pengeringnya alhasil brfungsi lgi dgn normal...

      Jadi bingung gan motornya, capasitornya, apa timernya yg rusak ya...???

      Hapus
    2. syukur kalo dah jalan lagi... mungkin motornya seret putarannya... biasanya diputar manual dikit... suka langsung tokcer....

      Hapus
  8. gan mesin cuci saya rengeringnya gak berputar klo di kontak buynyi ngung gitu mita pencerahan

    BalasHapus
  9. mungkin putarannya seret... coba di putar manual bagian poros/as nya... berat apa ringan... bila macet bisa di tetesi oli atau minyak .
    kalo setelah diputar masih ga nyala, motornya rusak...

    BalasHapus
  10. ternyata masalah spin tidak hanya mesin saya saja gan, ternyata punya agan2 juga toh, gan klo saya mau ngukur pakai avometer digital gmn caranya? tombol di avo pakai ukuran apa yah? terimakasih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. disarankan untuk mengukur hamabatan dari spin motor menggunakan multitester Analog... karena akan terlihat pergerakan jarumnya . dengan posisi avo meter 10X ohm (Jika Jarum bergerak mendekati angka 0 , Kondisi Motor Bagus)
      kalo menggunakan yang digital posisi di 200 Ohm.

      Hapus
    2. Bang kalo buat nyuci bisa muter tp kalo buat ngeringin gak bisa muter gimana tuh_?? Saya gak ada alat ukurnya

      Hapus
    3. Bang kalo buat nyuci bisa muter tp kalo buat ngeringin gak bisa muter gimana tuh_?? Saya gak ada alat ukurnya

      Hapus
  11. ... Agan-agan,,, mohon pencerahannya. . . mesin cuci ane gak bisa spin. . . cuma suara dengung aja. . . kalo cuci & buang airnya bisa,,, tpi spin gk bisa. . . tipenya 1 tabung,,, polytron paw-7005. . . mulai rusak tu soalnya kabel digerogotin tikus,,, tpi kabel udah di cek & ok. . . ditunggu pencerahannya. . .

    BalasHapus
  12. slm semua kemarin saya dpt mslh seperti diatas...setlah sy cek dan bongkar dinamo ternyata salah satu kabel lilitan putus,,,,tinggal sambung lg aj,,,selesai pkrjaan tanpa keluar uang ratusan ribu..yg terpenting waktu bongkar kabel lilitan hati2 alias sabat karna rentan putus,,,,,intinya sabar setelah kita pahami ternyata,,,mudah mengenai mesin cuci,,,walaupun saya bkn lulusan elektro,,,malahan saya sukses modif mesin 1tabung full otomatis menjadi MANUAL dan al hasil ak pake sndri,,,,tambah 2 timer aj alhamdulilah sukses,,,, beban nyuci jd lebih ringan.....

    BalasHapus
  13. mesin cuci saya hidup, tapi tidak ad pergerakan,, rusak apanya kira2 ya?
    mesin cuci merek sharp 1 tabung automatis

    BalasHapus
  14. mesin cuci saya sharp pengering gk muter sama skli ,kira2 apanya ya gan mksh ats blsanya

    BalasHapus
  15. Mw nnya pak..mesin cuci sanken 1tabung top loading tidak bisa spin.pada proses spin yang berputar justru pulsator (kyk proses pencucia)bagian pengeringny tidak mw berputar..kira" itu kenapanya pak?tolong pencerahannya.

    BalasHapus
  16. Maaf sebelumnya saya mau tanya kebetulan mesin cuci saya merk toshiba lalu saya nyuci dan saya keringkan dipengering cuma pengeringnya ga berfungsi atau ga bergerak lagi dan tombolnya saya putar masih berputar itu lalu saya keesokannya nyuci lagi ternyata pencuci nya jg ikutan rusak ga mau berputar mesinnya tapi di tombolnya berputar, gimana solusinya gan trimakasih ??????? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  17. berapa harga gearbox sanken gan.. 1 tabung

    BalasHapus
  18. Mesin cuci saya sharp tidak bisa spin bunyi alarm trus knp ia??

    BalasHapus
  19. Gan mesin cuci saya merk sanken yg 1tabung , kerusakan pada pengering ,buat muterin pengering nya kalau udah di puterin malah balik lagi jadi gabisa lama ,itu kenapa yah

    BalasHapus
  20. Gan saya mau tanya saya udh ganti mesin baru saya coba bisa muter kencang .trz saya pasang kaki dan tabung pengering tdk mau berputar dan hanya berdengung itu maslhnya apa kapasitor nya?

    BalasHapus