TERIMA SERVICE PANGGILAN SEKITARAN WILAYAH : CISARUA PARONGPONG CIHANJUANG CIMAHI

MENU

Minggu, 03 Januari 2010

5 STRATEGI MEMULAI BISNIS

Pakar bisnis sekaligus President Arrbey (konsultan manajemen), Handito Hadi Joewono, menyarankan calon pebisnis harus memperhatikan lima strategi jitu untuk memulai berbisnis agar berhasil secara optimal.

"Untuk mulai berbisnis kita harus pertimbangkan lima hal, yang pertama bayangkan bahwa berbisnis itu menyenangkan," kata Handito di Jakarta, Rabu (18/6).

Ia mencontohkan, bila seseorang menyukai rujak cingur maka alangkah baiknya ia memulai bisnis menjual rujak cingur yang digemarinya.

Sedangkan strategis bisnis selanjutnya, katanya, carilah bisnis yang mudah atau gampang dilakoni.

"Bisnis itu memang tidak gampang jadi jangan dibuat susah. Kalau mau bisnis ya cari yang gampang menurut kemampuan kita," katanya.

Di samping itu, calon pebisnis harus memilih jenis bisnis yang dibutuhkan rutin dalam kehidupan sehari-hari.

"Dan jangan lupa cari bisnis yang pasarnya lumayan. Jangan mencari bisnis yang pasarnya besar karena di situ jelas kompetitornya banyak," katanya.

Ia juga menyarankan calon wirausaha harus cepat mengambil keputusan bila akan memulai bisnisnya.

Menurut dia, tidak boleh terlalu lama memulai sebuah bisnis yang terpenting adalah tekad dan niatnya.

"Jangan terlalu lama mikirnya yang penting sudah ada tekad dan niat untuk memulainya. Tapi bukan berarti meremehkan perencanaan. Sebab rencana yang matang juga perlu," katanya.

Handito berpendapat, modal dana yang besar dalam memulai berbisnis pada dasarnya adalah faktor penunjang atau ekstra semata, sebab yang penting adalah tekad untuk memulainya. (kpl/rif) Sumber : Kapan lagi.com

0 komentar:

Posting Komentar