Berisi Trik Service Elektronika Seperti : TV, Kulkas, Mesin Cuci, Blender, Setrika, Mixer, Handphone, dll

MENU

Rabu, 17 Oktober 2012

TV POLYTRON mati standby

TV POLYTRON mati standby

TV Polytron type PN 14323KFA yang menggunakan aisy program HBK-00-01,aisy kroma TDA8841,aisy vertikal LA7840 dengan keluhan tv tidak bisa hidup,jadi hanya led indikatornya saja yang menyala,dicoba pencet tombol POWER di remot kontrolnya lampu led bereaksi tapi kembali ke posisi standby lagi,begitu pun jika tombol PROG+ di panel tv di pencet.
                 Kecurigaan saya pun tertuju pada elco untuk tegangan 50V nya, ternyata salah,si elco masihdalam kondisi bagus.......kemudian beralih ke rangkaian vertikal,di sini pun nggak ada yang mencurigakan...akhirnya pemeriksaan pun saya alihkan ke area IC programnya,saya lakukan pengukuran tegangan pada pin Vcc nya dulu,alangkah terkejutnya aku,karena saya dapati tegangan pada pin Vcc nya cuma 3.4V saja,padahal normalnya 5V,hmmm....setelah telusuri satu per satu jalur tegangan Vcc nya dan sampailah pada komponen L510:0.33ohm,di sinilah kejanggalan terjadi.




                 Rupanya L510 yang menghubungkan antara pin Vcc aisy program dengan tegangan 5V tersebut putus tus tus tus.......yang membuat kinerja aisy program abnormal,karena di pasaran nggak ada L kayak gini,ya udah saya ganti saja dengan R 1/4watt:1ohm saja.Dan alhamdulillah tv pun bisa beroperasi dengan normal kembali.SUKSES BUAT REKAN_REKAN SEMUA!!!
Sumber : http://aisy-romadhona.blogspot.com/2010/05/tv-polytron-mati-standby.html

0 komentar:

Posting Komentar